Cara menjaga kebersihan – kebersihan adalah salah satu hal penting yang menyangkut kehidupan Anda, selain kebersihan diri yang dijaga, lingkugan sekitar Anda juga harus diperhatikan. Menjaga kebersihan diri memang pasti harus diperhatikan menyangkut interaksi dengan orang lain, tapi dalam agama islam ada istilah kebersihan adalah sebagian dari iman.

Banyak hal yang akan terjadi jika Anda tidak memperhatikan kebersihan diantaranya adalah penyakit, penyakit bisa ditimbulkan oleh budaya yang tidak bersih, misalnya adalah membuang sampah sembarangan yang akan membuat lingkungan kumuh atau banjir karena tersumbatnya aliran air.

Bahaya lain yang ditimbulkan oleh budaya tidak bersih adalah penyakit dbd karena nyamuk aedes aegyti, banyak yang terpaksa harus pergi ke rumah sakit karena dirawat karena penyakit ini, perkembang biakan nyamuk ini umum terjadi di lingkungan yang tidak bersih atau banyaknya genangan air.

Selain itu kebersihan rumah juga harus Anda jaga agar rumah Anda sehat dan betah untuk ditempati, selain itu rumah yang sehat juga baik untuk kondisi kesehatan anak-anak, ada banyak cara yang mudah dilakukan agar rumah Anda tetap bersih, kebersihan juga merupakan satu hal kebiasan yang wajib diterapkan bagi perkembangan psikologis anak, bagaimana tidak kebisaan jorok orang tua akan mudah ditiru oleh anak-anak pada saat beranjak dewasa.

Ingat kebersihan adalah sebagian dari iman, jika Anda jorok maka besar kemungkinan akan berdampak pada kebiasan atau sifat jelek yang lain.

Berikut ini kami rangkum cara menjaga kebersihan mudah dan sederhana

  1. Menjaga kebersihan sekitar

cara menjaga kebersihan rumah

Cara menjaga kebersihan rumah yang pertama adalah menjaga lingkungan sekitar, menjaga kebersihan sekitar rumah Anda atau tempat tinggal bisa dilakukan dengan mudah tapi efektif, caranya adalah dengan menyapu atau mengepel. Menyapu digunakan untuk membersihkan lantai dari debu atau sampah kering, setelah membersihkan debu kemudian adalah mengepel sebagai langkah selanjutnya agar lantai semakin bersih, selain itu mengepel juga bisa membersihkan noda basah.

Menggunakan cairan pembersih lantai selain membuat ruangan harum juga bisa membunuh bakteri yang menempel pada lantai, lantai yang bersih dan wangi juga akan membuat nyaman rumah atau tempat tinggal Anda, selain itu lantai yang bersih juga menghindarkan anak-anak dari penyakit.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

buang sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal sepele yang tidak biasa orang indonesia lakukan, budaya jelek orang kita adalah membuang sampah sembarangan, bisa anda lihat setelah acara demo, nonton bola, acara musik pasti setelah itu Anda akan melihat banyak sampah berserakan.

Sampah yang dibuang sembarangan akan mengakibatkan banjir, selain itu sampah yang kotor juga bisa menjadi sumber penyakit berbahaya.

Lebih baik lagi adalah membuang sampah berdasarkan sifatnya, misalnya adalah membedakan membuang sampah yang sifatnya organik dan non organik. Sampah organik yang mudah terurai seperti dedaunan, kulit buah, sampai sisa makanan. Sedangkan untuk sampah organik adalah plastik, barang bekas elektronik, barang alumunium bekas rumah tangga atau barang bekas kemasan atau bekas yang tidak terpakai yang terbuat oleh tangan manusia.

Kenapa harus membedakan sampah organik dan non organik? Hal ini dilakukan agar daur ulang lebih dilakukan oleh petugas kebersihan.

  1. Melipat kemasan makanan atau minuman kotak/box

Pada kemasan minuman yang berbentuk kotak sebenarnya telah tertera bagaimana cara membuangnya, anda bisa memperhatikan sebelah sisinya.

Jika Anda membuang kemasan tersebut sesuai dengan aturan yang tertera, maka akan membantu mengurangi volume sampah. Apalagi jika Anda tinggal di tempat kost yang memiliki tempat sampah yang terbatas, maka membuang sampah sesuai anjuran akan sangat membantu mengurangi sampah, selain itu juga membuat lingkungan menjadi lebih bersih.

  1. Remukan sampah botol plastik

meremukan kemasan atau botol bekas

Ada salah satu iklan minuman yang memperagakan bagaimana membuang sampah dengan meremukan sampah bekas botol minuman produk tersebut dengan meremasnya terlebih dahulu, dengan cara meremukan botol bekas pakai tersebut, maka kita akan mengurangi resiko penggunaan botol bekas daur ulang serta membantu mengurangi volume sampah.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan botol bekas sangat berbahaya apalagi jika menggunakan kemasan bekas yang tertera tidak boleh digunakan lagi.

  1. Kerja bakti

kerja bakti

Bagi Anda yang tinggal di perumahan, sebaiknya rutin mengikuti kegiatan kerja bakti yang diadakan di sekitar rumah Anda, selain menjaga kebersihan Anda juga telah menjaga hubungan sosial dengan masyarakat sekitar.

  1. Mendaur ulang sampah

Daur ulang juga perlu dilakukan untuk memanfaatkan sampah yang masih layak untuk digunakan, jika Anda memiliki sampah botol plastik misalnya yang masih layak digunakan, maka manfaatkanlah untuk mengurangi volume sampah, misalnya adalah memanfaatkan ember bekas cat untuk pot tanaman hias rumah Anda, atau menggunakan bekas sebagai tempat sabun cair di dapur dan lain-lain.

Selain itu ember bekas tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman seperti cabe sehingga bermanfaat juga untuk mengurangi pengeluaran membeli kebutuhan akan bumbu dapur tersebut.

  1. Membuang sampah yang bisa menampung air hujan

Air yang tertampung pada sampah pada saat musim hujan akan mengakibatkan lingkungan kotor, selain itu juga akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit salah satu penyakit yang umumnya timbul akibat air yang tertampung pada sampah adalah penyakit demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk aedes aegypi.

Dengan membuang sampah yang bisa menampung air, berarti Anda telah menjaga kebersihan lingkungan dan menghidarkan keluarga serta orang lain dari berbagai macam penyakit yang timbul dari kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan atau tidak menjaga kebersihan lingkungan.

  1. Tidak menggantung banyak pakian di balik pintu

Cara menjaga kebersihan yang terakhir adalah tidak menggantung pakaian, Bagi Anda yang memiliki kebiasaan menggantung pakaian di kamar, sebaiknya kebiasaan itu dikurangi karena akan membuat rumah Anda menjadi kurang sehat, udara dalam rumah Anda akan menjadi kurang sehat karena baju yang apek.  Sebaiknya setelah menggunakan pakaian segera cuci pakaian tersebut atau menaruhnya di tempat khusus yang tertutup.

Baca juga :

Lihat video menarik berikut

Demikian artikel tentang cara menjaga kebersihan yang bisa Anda praktekan di rumah atau tempat tinggal Anda.

Selamat membaca – Berkah Mandiri Sofa

8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *